Konsentrasi, Motivasi, dan Doa.

KONSENTRASI, MOTIVASI, DAN DOA.

Ujian Nasioal UN 2010 akan segera di gelar setelah melewati problematika ada yang pro dan ada yang kontra itulah Indonesia sekarang. Manusia diciptakan oleh Alloh SWT untuk berbeda-beda. Tujuannya adalah bukan untuk saling menjegal tetapi untuk pembaharuan, perbaikan, koreksi, sehingga menjadikan UN yang berkualitas dari sesuai dengan tujuan evaluasi pendidikan.

Pelaksanaan UN tinggal menghitung har. Pertanyaan muncul bagaimana menyiapkan siswa-siswi untuk selalu siap menghadapi UN? jawabnya yaitu diantaranya membekali siswa untuk selalu konsentrasi untuk belajar, Memotivasi diri agar tetap semangat menghadapi UN dan mendekatkan diri ke Maha Pencipta Semesta Alam Allah SWT lewat ber do’a agar diberi kelancaran dan kesuccesan dalam menempuh UN 2010.

Untuk menghadapi ujian UN diperlukan konsentrasi dalam belajar yaitu keadaan alam pikiran siswa yang disatukan secara terpadu untuk mencapai kompetensi tertentu sesuai standart kompetensi kelulusan. Siswa dikatakan belajar dengan penuh konsentrasi jika hal-hal yang disamping kanan kiri bisa dieleminir sekecil mungkin. Indikator siswa belajarnya penuh konsentrasi diantaranya; semangat luar biasa, fokus sekali dan penuh perhatian yang sedang dipelajari, ia merasakan belajar enjoi, tidak mau diganggu oleh siapapun serta penuh tujuan yang akan dicapai serta setelah belajar ia akan mengerti yang dipelajarinya.

Seorang siswa konsentrasinya pudar misalnya sudah jenuh karena monoton pembelajarannya, sudah capai atau lelah, suasana belajar tidak mendukung. Guru harus bisa mendeteksi keadaan siswa pada saat para siswa konsentrasinya mulai pudar sehingga dapat mengambil langkah-langkah preventif yaitu dengan cara aktivitas belajar seluruh siswa terpantau dan selalu diperhatikan, diarahkan dan dibimbing seraca terpadu dengan sentuhan hati dan selalu melibatkan siswa aktif belajar. Para siswa akan merasakan nyaman dan konsentrasi belajarnya tetap terjaga, yang butuhkan siswa adalah pendampingan dan bimbingan dalam belajar yang familiar dan bersahaja, apalagi siswa yang mengalami kesulitan dalam memecahkan soal-soal latihan UN.

Motivasi adalah suatu dorongan individu atau kelompok untuk mencapai suatu tujuan. Tujuan yang akan dicapai siswa sekarang tidak lain adalah ilmu yang diperoleh selama kegiatan belajar mengajar untuk diaplikasikan misalnya ke dalam penyelesaian soal-soal ujian dan lulus UN . Motivasi para siswa dapat datang dari faktor luar dan faktor dalam diri siswa. Faktor yang berpengaruh sangat besar terhadap tingkat motivasi siswa diantaranya:

Pertama adalah dalam proses kegiatan belajar mengajar. Pada kegiatan belajar mengajar fungsi guru menjadi pendamping dan motivator yang handal. Artinya dalam proses pembelajaran menyampaikan materi dan pembahasan diikuti dengan memotivasi siswa. Penampilan performa guru harus fit dan energik dan penuh bersahaja agar para siswa ikut semangat dan energi untuk mengikuti proses pembelajaran. Para siswa harus bertanya problematika apa yang masih mengalami kesulitan setiap ada soal itu tidak mampu menjawab, kemudian dihabas dengan penuh semangat dan penuh motivasi agar selalu dapat mengerjakan problematika materi UN. Guru harus selalu memotivasi siswanya agar seluruh siswa memiliki motivasi tinggi untuk mengikuti pembahasan problematikan UN dengan baik. Indikator yang dapat dilihat seorang siswa motivasinya turun antara lain tidak bergairah untuk mengikuti proses pembelajaran diantaranya pandangan matanya sudah pudar/redup, duduk seenaknya, bicara sendiri dan lepas dari yang dipelajari, tidak mencatat, ditanya sudah tidak konek lagi. Untuk mengatasi hal tersebut tugas guru sebagai motivator harus bekerja, misalnya guru menyatukan irama pembelajaran yang menyenangkan diantaranya dengan menghubungkan materi pembahasan sentuhan-sentuhan jiwa anak muda seusianya dalam pembelajaran.

kedua adalah keadaan yang melekat pada diri siswa, motivasi yang kuat muncul dari dalam diri siswa akan semakin tinggi motivasinya apalagi akan menghadapi momentum ujian UN, semangatnya akan selalu membara dan selalu siap menghadapi UN. Semangat motivasi akan tumbuh subur jika pada diri siswa mempunyai tujuan atau cita-cita yang tinggi. Misalnya seorang siswa mempunyai tujuan dapat lulus UN dan nilai UN Fisikanya 10,00. Ia akan selalu memotivasi dirinya secara terus menerus selalu belajar dan belajar, bertanya dan bertanya kepada yang punya ilmu bisa sesama rekannya atau gurunya. Misalnya siswa yang setiap hasil TUC UN hasil yang diperoleh belum mencapai masih rendah jangan sampai motivasi belajarnya turun justru sebagai pemacu semangat untuk memperbaiki cara belajarnya. Pada siswa yang motivasi dirinya turun saya sarankan segera berkonsulatsi sama guru yang kamu pandang mampu membangkitan motivasi diri sampaikan apa yang menjadikan tidak semangat atau motivasinya turun secara dari hati ke hati sehingga motivasinya bisa tumbuh subur lagi untuk menghadapi Ujian UN nanti..

ketiga adalah orang tua, fenomena yang muncul sekarang orang tua jarang yang menemani anaknya sedang belajar dengan dalih sudah tidak mengerti materi yang dipelajari anaknya. Sebenarnya bukan itu yang dimaksud, yang dimaksud adalah orang tua dirumah selalu mengawasi dan selalu memantau anaknya untuk belajar dengan baik apalagi mau menghadapi ujian UN. Karena dari sekolah melewati proses belajar mengajar sudah mendapatkan ilmunya, sekarang dirumah dipelajari lagi dan dikembangkan untuk mengawasi dan memantau anak belajar tugasnya orang tua. Jika orang tua selalu memperhatikan anaknya belajar, jiwa anak akan selalu mendapat support, sehingga anak akan senantiasa belajar dengan sungguh-sungguh dan muncul dalam hati sianak akan membahagian orang tuanya. Alangkah bahagianya. Amin.

Doa adalah wajib dilakukan oleh orang beriman setiap saat dan sudah ditentukan waktunya apalagi yang mau punya hajat dan mempunyai tujuan. Fenomena kelas 3 yang mau ujian UN adalah pada malam hari bangun jam 2 untuk berdoa sholat tahajud diteruskan dengan belajar, pada istirahat pertama yang muslim berbondong-bondong ke mushola untuk melaksanakan sholat duha , ada yang jam pertama jumat membaca surat yasin, itu semua dilakukan untuk memohon ampun dan memohon dilancarkannya dalam menempuh UN dan dapat lulus dengan memuaskan. Beribadah dan berdoa adalah wajib dilakukan oleh orang yang beriman dan selalu ingin mendekatkan diri karena Alloh SWT Maha Besar, Maha Kuasa atas segalanya yang menentukan makhluknya. Alangkah bahagia fenemona ini terus berlanjut jangan hanya sebatas mau ujian saja. Niscaya akan melahirkan generasi penerus bangsa yang taqwa dan taat beribadah dan berilmu itulah tujuan akhir pendidikan kita. Amin.

Selamat menempuh UN 2010 dengan slogan Prestasi Yes, Jujur Harus (BSNP)

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s